Identifikasi Mikroba Metode Pewarnaan Gram

Kalau liat gambar musim semi kayak gini pasti keingat dengan negara matahari terbit. Yak, apa lagi kalau bukan Jepang. Bunga sakura bermekaraan, orang Jepang merayakan Hanami setiap tahunnya. Tapi tahukah anda di dalam pemandangan ini terdapat sebuah misteri bagi peneliti??? Kalau diperhatikan memang tidak ada yang salah. Tetapi tahukah anda mikroba itu ada dimana saja, lho *Ini yg nulis memang bego atau pura-pura bego*. Nah, para peneliti pastinya berpikir dalam benak mereka "sebenarnya bagaimana kita dapat meingidentifikasi mikroba yang ada di alam ini?

 Mikroba yang Ada pada Debu
Sumber Gambar Kolelskinya Mbah Gugel

Indentifikasi mikroba mempuyai tujuan untuk mempelajari struktur, sifat, bentuk fisik dan aktifitas dari mikroba. Pewarnaan gram merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengidentifikasi mikroba mana yang merupakan bakteri Gram positif dan bakteri Gram negatif dengan melakukan pewarnaan dengan dua zat warna dasar (kristal violet dan safranin) untuk membedakan sel.
   
1. Bakteri Gram Positif
Bakteri Gram positif merupakan bakteri yang mempertahankan warna larutan kristal violet ketika dibilas dengan alkohol karena memiliki dinding sel yang tersusul dari 90% peptidoglikan yang tidak larut bersama alkohol dan sebagian kecil asam teikhoat. Contoh dari bakteri Gram positif adalah Clostridium tetani, Bacillus cereus, Staphylococcus pneumoniae dan Lactobacillus casei. 

Lactobacillus casei Merupakan Bakteri Gram Positif
Sumber Gambar Data Primer Mikrobiologi Umum 2017 Unhas
 
2. Bakteri Gram Negatif

Bakteri Gram negatif merupkana bakteri yang tidak dapat mempertahankan warna larutan kristal violet ketika dibilas dengan alkohol karena memiliki membran terluar yang tersusun dari kebanyakanya adalah lipid dan hanya sebagian kecil lapisan peptidoglikan di dalamnya. Lipid dan warna kristal violet akan ikut larut dalam alkohol secara bersamaan. Contoh bakteri Gram negattif adalah Escherchia coli, Samonella thypi, Pseudomonas aeroginosa, Rhizobium meliloti, Azotobacter vinelandii dan Vibrio cholera.

 Pseudomonas aeroginosa Merupakan Bakteri Gram Negatif
Sumber Gambar Kolelskinya Mbah Gugel



Komentar

  1. Kayak saya tau itu gambar 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok kayaknya kita pernah kenal... tapi dimana ya :v

      Hapus
    2. kok kayaknya anda salah orang, tapi dimana ya :D

      Hapus
    3. kok kayaknya kita baru ketemu dan belum kenal. tak kenal maka tak sayang jadi kenalan dulu dong :v wakakakka

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar